Beranda | Artikel
Keadaan Dakwah Islam Dimasa Utsman Bin Affan - Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)
Selasa, 17 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Keadaan Dakwah Islam Dimasa Utsman Bin Affan merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dalam pembahasan Faedah-Faedah Sejarah Islam. Kajian ini disampaikan pada 27 Rabiul awal 1439 H / 15 Desember 2017 M.

Download juga kajian sebelumnya: Proses Pengangkatan Utsman Bin Affan Menjadi Khalifah – Faedah Sejarah Islam

Kajian Tentang Keadaan Dakwah Islam Dimasa Utsman Bin Affan – Faedah Sejarah Islam

Melanjutkan pembahasan tentang dakwah Islam dimasa khalifah Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu. Dalam pembahasan ini telah kita bahas tentang keadaan keluarga, keutamaan-keutamaan, kemuliaan, perjuangan dan pujian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada beliau.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang keadaan dakwah Islam ataupun kondisi politik Islam dimasa beliau. Maka kita akan mengkaji dari dua sisi. Yaitu politik dalam negeri dan politik beliau didalam dua negeri. Kita akan menggali pesan-pesan ilmiah didalam dakwah Islam pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu.

Setelah Utsman bin Affan dibaiat oleh kaum muslimin, dimulai dengan Abu Ubaidah bin Jarrah, Ali bin Abi Thalib, dilanjutkan oleh para sahabat-sahabat yang lain seperti Zubair bin Awwam, Talhah bin Ubaidillah, Sa’d bin Abi Waqash dan kemudian para ahli Badr dan para sahabat-sahabat yang ada di kota Mina saat itu.

Kemudian beliau berkhutbah. Dikisahkan bahwa beliau sedikit agak grogi. Salah satu hal yang membuat beliau sulit untuk berbicara panjang dalam khutbah beliau adalah karena memang beliau memiliki sifat pemalu. Dan sebetulnya kebutuhan kaum muslimin adalah lebih butuh kepada seorang pemimpin yang bijaksana dan adil dari pada kebutuhan mereka kepada khatib yang orator.

Setelah itu beliau mengatakan, “Ini adalah awal dari sebuah pelayaran hidup yang sangat berat. Tetapi setelah ini akan ada hari-hari dimana dipertanggung jawabkan apa yang akan dilakukan dihari-hari berikutnya“. Dalam ucapan ini, beliau mengingatkan tentang besarnya amanah yang beliau pikul.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Keadaan Dakwah Islam Dimasa Utsman Bin Affan – Faedah Sejarah Islam

Silakan share ceramah agama Islam sejarah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30830-keadaan-dakwah-islam-dimasa-utsman-bin-affan-faedah-sejarah-islam-ustadz-dr-ali-musri-m/